http://dampangsalenrang.blogspot.com
Selamat datang di Dampang Salenrang

SOGILI. Mengenai Ikan Sidat Endemik Danau Poso

2komentar

Ikan Sidat (Sogili) (ordo anguilliformes). atau biasa di sebut ikan sogili oleh masyarakat tentena yang tinggal di pinggiran danau poso. Ikan Sidat (Sogili) yang bentuknya hampir sama dengan ular, ikan ini masuk dalam kategori ordo anguilliformes, yang terdiri dari 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies. kebanyakan dari Ikan Sidat (Sogili) ini yang hidup di air lau namun juga Ikan Sidat (Sogili) ada yang hidup di air tawar.
SOGILI. Mengenai Ikan Sidat endemik Danau Poso endemik bergizi
SOGILI. Mengenai Ikan Sidat Endemik Danau Poso

Ikan Sidat (Sogili). banyak masyarakat tentena sedikit bangga atas Ikan Sidat (Sogili) yang katanya ikan endemik langkah di dunia dan Ikan Sidat (Sogili) dulu nenek moyang Ikan Sidat (Sogili) berasal dari perairan sulawesi khususnya sulawesi tengah kabupaten Poso.
karena keunikan habitat yang bisa hidup dua sekaligus di air tawar dan laut, itu membuat ada kesamaan dengan ikan salmon. dan yang membedakanya dari ikan salmon, ikan salamon yang hidup di perairan eropa barat dan kanada ini berkembang biak di air tawar dan berimigrasi ke air laut lain halnya dengan Ikan Sidat (Sogili) yang tempat berkembang biaknya di air laut dan kembali ke perairan air tawar untuk mencari makan (imigrasi)
Ikan Sidat (Sogili) yang ada di danau poso sekarang bisa di bilang semankin berkurang karena masyarakat setempat membutuhkan Ikan Sidat (Sogili) sebagai lauk makan sehari harinya. dan Ikan Sidat (Sogili) sangatlah khas, kandungan daging Ikan Sidat (Sogili) sangat bergizi tinggi karena kaya dengan protein, asam lemak, omega-3. Ikan Sidat (Sogili) ini endemik indonesia yang mungkin sudah langkah marilah kita mencoba untuk menjaga agar jauh dari kepunahan
Berbagi Artikel Lewat :

2 comments:

  1. Hallo Dampang... Salam kenal yaa. Makasih sdh mampir ke nurulnoe.com
    Utk ngobrol bisa email aku :) noestyle@hotmail.co.id

    Itu ikan sidat klo ngga salah sdh mulai dibudidayakan yaa. Br tau klo asalnya dr sulawesi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata artikel yang saya baca begitu mba :) .. saya cuma tukang kopas yang bisanya edit2 sedikit. makanya sy mau belajar menulis sama mba :D :D

      Delete

 
Support : Dampang Salenrang | Mas Templatea
Copyright © 2012. Dampang Salenrang - All Rights Reserved