http://dampangsalenrang.blogspot.com
Selamat datang di Dampang Salenrang

Rahasia Cerita Puncak Carstensz Pyramide | Mengenai Gunung di Papua

4komentar

Carstensz Pyramid gunung atau puncak salju yang berada di Papua, di Indonesia, Puncak Carstensz Pyramid memiliki ketinggian 4884 M dpl puncak Carstensz Pyramid impian oleh para pendaki untuk bisa menjejakkan kaki di puncak Carstensz Pyramid. Carstensz Pyramid adalah puncak tertinggi di Indonesia dan para pendaki akan menemukan sensasi indah dan berbeda yang tidak dijumpai di hampir semua gunung di Indonesia, yakni Carstensz Pyramid ini puncak bersalju. Tetapi salju ini diperkirakan akan mengering sebelum tahun 2025, opini ini disebabkan oleh pemanasan global. Perhitungan tersebut didasarkan atas analisis data empiris menggunakan pendekatan linier yang dikerjakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Jadi bukan tidak mungkin suatu saat pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi di Gunung Kilimanjaro, Afrika.
Rahasia Cerita Puncak Carstensz Pyramide | Mengenai Papua
Puncak Carstensz Pyramid


puncak  : Carstensz Pyramide
Nama Gunung : jayawijaya
Wilayah : Papua, Negara Indonesia
Ketinggian : 4884 mdpl (16013 feet ) atau 5030 meters (16503 ft)
Lokasi koordinat : S 04°04.733 dan E 137°09.572

Adapun gunung di sebelah barat Central Highland yang disebut dengan Jayawijaya dan pegunungan Sudirman. Sebagian orang mengira bahwa puncak tertinggi di Indonesia adalah puncak Jayawijaya, padahal puncak Carstensz Pyramide beda dengan jayawijaya tetapi puncak ini bersebelahan letaknya. Selain puncak Carstensz Pyramide adalah puncak tertinggi di Indonesia dia juga termasuk puncak tinggi di Australia dan Oceania.
Puncak Carstensz Pyramide, penemu atau yang membawah berita kepada semua orang ada puncak tinggi di Negara Indonesia adalah John Carstensz seorang pelaut Eropa orang pertama yang melihat puncak Cartesz dengan mata kepalanya sendiri, nama puncak Carstensz Pyramide juga diambil dari nama  John CarstenszJohn Carstens Pada tahun 1623 Navigator dari membawa informasi ke Eropa mengenai adanya puncak es di daerah tropis di garis eografis equator Barat Papua Nugini. Informasinya itu dianggap mustahil oleh public di saat itu. Dan ketika Ekspedisi Belanda yang sedang membuat peta di situ membenarkan informasi itu di tahun 1899 selang 3 abad dari pernyataan informasi John Carstensz . Maka namanya di abadikan dalam nama puncak itu. Memang gunung ini terletak di wilayah Indonesia tapi mengapa pendaki local lebih sedikit di banding pendaki luar yang berespedisi di Carstensz Pyramide.Puncak Carstensz Pyramide. Bagi para pendaki ada dua (2) jalur akses yang menuju Puncak Carstensz Pyramide adalah melalui Freeport dan Ilaga itupun harus memiliki surat rekomendasi dari kantor Menpora, Kapolri, BIA – Intelejen Indonesia, Menhutbun / PKA, PT Freeport Indonesia ( PTFI ). Dan jika ingin lewat  jalur  Tembagapura ditambah surat rekomendasi dari Federasi Panjat Tebing Indonesia ( FPTI ). Semua ini di urus di ibukota Indonesia (Jakarta) lalu ke Jayapura surat rekomendasi dari Bakorstranasda dan Kapolda  Timika, surat rekomendasi EPO dan perizinan PTFI untuk fasilitas lintasan. Terakhir di Tembagapura, koordinasi dengan Emergency Response Group ( ERG ) untuk penanganan Emergency Procedur dan aparat Satgaspam untuk masalah keamanan lintasan.







sumber : Kekayaan Indonesia.
Berbagi Artikel Lewat :

4 comments:

  1. dibawahnya ada emasnya ga tuh?

    ReplyDelete
  2. blum ada peneliti yang memberi kabar tentang ada atau tidaknya emas di bawah puncak ini.

    ReplyDelete
  3. Wah pasti asyik kalo bisa ke puncak piramida salju apalagi itu di Indonesia hehe

    ReplyDelete
  4. ini nih gunung ekstrim di Indonesia dan masuk 7 puncak gunung di dunia, keren banget emang!

    ReplyDelete

 
Support : Dampang Salenrang | Mas Templatea
Copyright © 2012. Dampang Salenrang - All Rights Reserved