http://dampangsalenrang.blogspot.com
Selamat datang di Dampang Salenrang

Mengenai Keberadaan Hewan Anoa di Sulawesi

0 komentar

Anoa adalah binantang langkah yang hidup negara Indonesia tepatnya di pulau Sulawesi, pulau ini antik dikarenakan pertemuan antara dua benua besar di dunia, Australia dan Asia. banyaknya hewan endemik di Sulawesi ini menjadi sorot perhatian bagi wisatawan asing yang masih ingin menyaksikan langsung sebelum punahnya hewan Anoa tapi mudah-mudahan berkurangnya pemburuan liar terhadap binatang Anoa bisa mengubah hidup binatang Anoa.
Anoa
Anoa



Anoa sering di buru oleh masyarakat setempat demi kelangsungan hidupnya tetapi tidak untuk wisatawan atau masyarakat lain. Anoa sendiri memiliki dua jenis yaitu Anoa pegunungan dan Anoa dataran rendah binatang Anoa ini berkembang biak atau hidup di hutan yang belum tersentu oleh manusia adadpun tempat habitat Anoa yang sudah di sentuh keberadaanya oleh manusia itu tidak terlalu banyak. Anoa ini mirip mirip dengan kerbau  yang besarnya dan beratnya mencapai 200 sampai 300 kg dan Anoa juga memiliki tanduk, anak Anoa bisa lahir jika sudah diantarai setahun kelahiran anak pertama Anoa. 

Di tahun 1960 Anoa dengan spesies lainya di temukan dengan status sudah terancam punah di sulawesi, indonesia. terancam punahnya Anoa dikarenakan masyarakat sering memburu, mengambil kulit, tanduk dan dagingnya. (Kabupaten Enrekang, Toraja).
Anoa pegunungan biasa di sebut Mountain Anoa atau dengan nama nama lainya, sedangkan Anoa dataran rendah di sebut Lowland Anoa. karena Anoa sering di buru untuk kepentingan sendiri maka pemerintah indonesia melindungi hewan Anoa tersebut, di perkirakan jumlah Anoa sekarang di sulawesi kurang lebih 1000 ekor (mungkin)
Berbagi Artikel Lewat :

Post a Comment

 
Support : Dampang Salenrang | Mas Templatea
Copyright © 2012. Dampang Salenrang - All Rights Reserved